Kamis, 20 Juni 2013

APLIKASI EM4 RUMAHAN



TUGAS ETIKA DAN NILAI LINGKUNGAN

EM4 OLAHAN RUMAH




Oleh :
RADEN SURAHMAT
12131011115

Dosen : Prof. Dr. Ir. H. Supli Effendi Rahim, M.Sc

 APA YANG DIMAKSUD DENGAN EFFECTIVE MICROORGANISME (EM 4)
Em 4 merupakan suatu cairan berwarna kecoklatan dan beraroma manis asam(segar) yang di dalmnya berisi campuran beberapa mikroorganisme hidup yang menguntungkan bagi proses penyerapan/persediaan unsur hra dalam tanah.

Mikroorganisme atau kuman yang berwatak “baik “itu terdiri dari bakteri fotosintetik,bakteri asam laktat,ragi,aktinomydetes,dan jamur peragian.
Miroorganisme menguntungkan tersebut(EM 4) telah lam ditemukan,diteliti dan diseleksi terus menerus oleh seorang ahli pertanian bernama Profesor Teruo Higa dari universitas Ryukyu Jepang.Dengan demikian EM4 bukan merupakan bahan kimia yang berbahaya seperti pestisida,obat serangga atau pupuk kimia lainnya.
Manfaat EM4
Apabila mikroorganisme EM4 berada dalam tanah,maka mikroorganisme menguntungkan sejenis yang sudah ada di dalam tanah berkembang dengan baik.sedangkan mikroorganisme yang merugikan yang dapat menimbulkan penyakit dapat ditekan.
EM4 mampu mengolah atau menguraikan bahan-bahan organik dengan cepat secara fermentasi menjadi kompos sehingga tidak menimbulkan bau bususk melainkan menimbulkan aroma yang segar.
EM-4 singkatan dari Effective Microorganisme, yaitu biakan bakteri yang biasanya digunakan sebagai activator kompos. Bakteri ini sangat berguna untuk mengembalikan sifat kimia tanah.
EM-4 pertama kali ditemukan oleh Prof. Teruo Higa dari Universitas Ryukyus. Jepang. Dalam EM 4 ini terdapat sekitar 80 genus microorganisme fermentor. Microorganisme ini dipilih yang dapat bekerja secara efektif dalam memfermentasikan bahan organik. Secara global terdapat 5 golongan yang pokok yaitu:
1. Bakteri fotosintetik
2. Lactobacillus sp
3. Streptomycetes sp
4. Ragi (yeast)
5. Actinomycetes

Biakan bakteri selain EM-4 ada banyak, tetapi karena EM-4 adalah yang pertama kali masuk pasar maka semuanya disebut dengan EM, meski mereknya berbeda. Misalnya Probio-7, TON, Migro, Stardec, OrgaDec dan lain- lain. Pada prinsipnya bakteri itu berkeliaran di udara dan juga disekitar kita, di tanah, di dalam air dan lain-lain. Kitapun bisa menangkapnya dengan mudah. Hanya karena kita menangkapnya sekedar menangkapnya saja, bakteri yang kita tangkap menjadi bermacam-macam. Nah para bakteriolog, mempelajarinya satu-persatu kemudian meneliti bakteri tersebut, kemudian memisahkan dan membiakkannya secara khusus bakteri-bakteri tersebut, sehingga menghasilkan bakteri-bakteri yang bermanfaat.

Cara pembuatan EM4 rumahan dan sederhana
Bahan-bahan yang harus dipersiapkan:
1.      Pepaya matang 0,5 kg
2.      Pisang matang 0,5 kg
3.      Nanas matang 0,5 kg
4.      Kacang panjang segar 0,25 kg
5.      Kangkung air segar 0,25 kg
6.      Batang pisang muda bagian dalam 1,5 kg
7.      Gula pasir 1 kg
      Air tuak 0,5 liter



Cara pembuatan
Pepaya, pisang, nanas, kacang panjang, kangkung dan batang pisang muda di hancurkan hingga ukuran menjadi agak halus. Buah yang digunakan harus sudah matang atau dapat juga digunakan kulit buah yang tidak dimakan.




Setelah dihancurkan campurkan semua bahan aduk hingga rata dan masukan kedalam ember kemudian camprkan gula pasir dan tuak kedalam ember tersebut kemudian kembali diaduk hingga rata.



Ember yang telah berisi campuran diatas ditutup rapat dan disimpan selama 7 hari.




Setelah 7 hari larutan yang di hasilkan dikumpulkan secara bertahap setiap hari hingga habis, larutan tersebut di dimasukan kedalam wadah yang tertutup rapat. Maka larutan itu adalah EM4 yang siap digunakan dan dapat bertahan hingga 6 bulan.

Dokumentasi proses pembuatan EM4 rumahan :





Tidak ada komentar:

Posting Komentar